13 Tips Memilih Catering Pernikahan

 

Catering Pernikahan

Salah satu keputusan yang sangat penting dalam suatu pernikahan adalah catering pernikahan.

Gaun, rambut, makeup, dan juga dekorasi bisa saja terlihat akan lebih sempurna, jika catering pernikahan (hidangan makanannya) dibawah standar, justru itu yang akan diingat oleh para tamu undangan pernikahan.

Cara memilih jasa katering yang berkualitas dan juga bagus untuk acara resepsi pernikahan, pesta ulang tahun, aqiqah, seminar dan lain sebagainya memang agak sedikit gampang-gampang susah. Karena semua penyedia jasa catering pasti mengklaim usahanya yang paling bagus dan sempurna, terbaik serta aman terpercaya.

Menemukan catering pernikahan harus menjadi prioritas untuk anda. Tidak hanya tentang makanan dan juga minuman saja.

Catering pernikahan yang baik harus didukung oleh tim yang luar biasa keahliannya dan juga dapat memberi pelayanan yang memuaskan.

Berikut ada tips yang bisa kamu terapkan saat memilih catering pernikahan :

13 Tips Memilih Catering Pernikahan Yang Bisa Kamu Coba Sebelum Hari H Tiba

Jasa Catering Pernikahan

1. Dapatkan rekomendasi dan juga saran

Apakah ini pertama kalinya untuk anda yang menyewa catering di acara dalam skala besar ? Mintalah sebuah rekomendasi dari teman-teman atau dari keluarga anda.

Mereka pasti bisa membagikan daftar penyedia catering yang menurut mereka baik maupun buruk berdasarkan pengalaman yang mereka punya. Evaluasi setiap pilihan yang potensial dengan membaca review dan juga feedback dari customer sebelumnya.

Terdengar sangat merepotkan bukan ? Sebagai alternatif, anda juga dapat mengunjungi Sejasa.com untuk mendapatkan penawaran dari penyedia jasa catering yang dapat dipercaya dan juga dapat diandalkan. Anda juga bisa membaca review dan juga bisa melihat portofolio penyedia jasa catering di halaman business profile mereka.

2. Tentukan anggaran catering dalam pernikahan

Bukan lagi suatu kejutan, Catering dalam suatu acara pernikahan dengan 200 tamu undangan atau lebih tentunya membutuhkan banyak biaya yang lumayan besar.

Salah satu cara untuk mengatur biaya dalam anggaran adalah dengan menentukan biaya maksimal untuk satu orang dan beritahukan kepada mereka berapa jumlah menu makanan yang akan anda inginkan, contohnya seperti meja prasmanan untuk 3 jenis hidangan utama, minuman, dan dessert.

Sebagai alternatif, anda juga dapat menanyakan mengenai tentang paket yang mereka sediakan dan menyesuaikannya dengan selera dan jumlah tamu undangan.

3. Diskusikan menu dan penyajian makanan

Jika saja anda memiliki tema spesifik untuk pernikahan anda, cobalah untuk mengatur menu dan juga penyajian sehingga sesuai dengan tema itu. Contohnya seperti tema pernikahan anda adalah warna kuning, Mintalah hiasan lemon atau hiasan lainnya untuk setiap gelas, kue pernikahan yang sesuai dengan tema pernikahan, dan juga bunga anyelir yang segar untuk dekorasi meja.

Selain itu, ingatlah untuk mengatakan jika ada tamu yang memiliki diet tertentu atau yang sedang mengalami alergi terhadap suatu makanan, misalnya alergi kacang atau menu khusus untuk vegetarian.

4. Mintalah sesi food testing

Sesi pencicip an dalam makanan atau food testing juga memberikan kesempatan kepada anda untuk mencoba rasa, penyajian, dan rangkaian dalam makanan tersebut.

Jika anda sudah menandatangani kontrak untuk menyewa mereka, seharusnya tidak perlu ada biaya tambahan lagi untuk sesi pencicipan makanan ini.

Jika anda belum memastikan untuk menyewa mereka, anda juga dapat meminta sesi pencicipan makanan berbayar. Banyak penyedia catering yang dapat memenuhi permintaan untuk sesi dengan minimal kurang lebih 10 orang.

5. Tanyakan mengenai perlengkapan lain yang akan disediakan

Untuk menghindari acara pernikahan anda penuh dan sesak, jangan lupa untuk menanyakan berapa banyak staf yang akan mereka sediakan. Pastikan tidak terlalu banyak jika venue acara pernikahan anda tidak terlalu besar.

Dan jangan lupa tanyakan juga jika dia menyediakan perlengkapan lainnya seperti, meja, kursi, kanopi, tenda, atau peralatan makan untuk mendukung catering pernikahan.

Mungkin anda juga bisa mendapatkan biaya yang lebih murah jika saja menyewa kursi dan tenda bersama dengan cateringnya. Jangan lupa untuk menyesuaikannya juga dengan tema pernikahannya.

6. Kontrak dan ketentuan pembayaran

Pastikan sebuah dokumen yang penting sudah siap dan sudah ditandatangani. Di dalam kontrak ada baiknya terdapat keterangan mengenai tentang:

  • Daftar makanan dan juga daftar minuman, serta urutan dalam penyajiannya
  • Jumlah tamu undangan
  • Sistem penyajian makanan
  • Jumlah pelayan
  • Pembersihan setelah acara selesai
  • Durasi pelayanan
  • Ketentuan pembayaran ( biasanya deposit 30%, sebelum acara 50%, dan setelah pembersihan 20% ).

7. Mempunyai kjredibilitas yang baik

Kredibilitas juga merupakan salah satu kunci dalam produk jasa, termasuk dalam halnya adalah catering.

Suatu vendor bisa dikatakan mempunyai kredibilitas yang cukup baik ketika para pelanggan sebelumnya memberikan tanggapan dan testimoni yang baik atas pelayanan yang telah diberikan oleh vendor tersebut.

Untuk menggali tentang hal yang satu ini, calon pengantin juga bisa mencari informasi dari saudara atau teman yang pernah menggunakan jasa catering tersebut.

Selain itu kita juga bisa dengan mudah mencari review vendor catering dengan cara browsing di internet atau bergabung dalam forum-forum pernikahan yang ada. Dengan begitu kita juga akan mendapatkan vendor catering yang sangat terpercaya.

8. Pelayan memuaskan

Pelayan dalam sebuah penyedia jasa tentu menjadi suatu hal yang utama di mata para pelanggan.

Berkaitan dengan vendor catering maka pelayanan juga bisa diukur dari kesigapan admin atau penanggung jawab dari pihak catering dalam menjawab semua pertanyaan yang kita ajukan, ketepatan waktu, kesesuaian pelayanan dengan paket yang ditawarkan, dan lain sebagainya.

9. Memiliki kerjasama dengan vendor resepsi

Ada keuntungan ketika vendor catering memiliki kerjasama dengan gedung organizer tempat dilangsungkannya acara tersebut, yaitu biasanya biaya akan lebih murah karena pihak catering tersebut tidak dikenakan charge tempat.

Walaupun perbedaan harga yang tidak terlalu signifikan, namun bagi anda yang sekiranya ingin berhemat, hal ini juga bisa menjadi pertimbangannya.

10. Cari jasa catering yang tidak terlalu sibuk

Karena sebuah catering juga bisa menerima banyak orderan dalam sekali waktu, maka pastikan bahwa pada tanggal yang kita tentukan vendor catering tersebut tidak terlalu banyak menerima pekerjaan pada saat sedang bekerja.

Walaupun pihak catering berupaya optimal berapapun orderan yang mereka garap dalam sekali waktu, namun ketika suatu vendor over kapasitas, maka kemungkinan para pelayan akan sedikit keteteran alhasil tidak lagi maksimal. Pastinya hal yang satu ini tidak kita inginkan.

11. Mau menandatangani kontrak kerja dengan jelas

Walaupun sudah ada saling kepercayaan satu sama lain, namun kontrak tertulis tetap akan diperlukan. Hal yang seperti ini akan berguna ketika nanti sehabis acara. Dalam kontrak kerja yang satu ini misalnya tertulis klausul ketika pelayanan buruk atau jauh dari yang dijanjikan oleh pihak catering maka bersedia melakukan ganti rugi, pengembalian sekian persen dari nilai paket tersebut. Point-point tersebut tergantung dari kesepakatan dan kebutuhan kita dengan pihak penyedia jasa catering pernikahan.

12. Berdekatan dengan lokasi resepsi

Agar lebih mudah dalam proses distribusi makanan maka pilihlah jasa catering di acara pernikahan yang lokasinya berdekatan dengan tempat resepsi.

Hal seperti ini juga menghindari adanya dana akomodasi tambahan jika lokasinya terlalu jauh. Selain itu dekat dengan gedung-gedung pernikahan biasanya banyak tersedia jasa catering dengan harga yang lebih murah.

13. Pilih yang memiliki banyak varian menu

Varian menu dalam catering yang ditawarkan oleh jasa, rata-rata sama, kemungkinan hanya makanan itu-itu saja.

Sehingga jika saja anda ingin memberikan nuansa yang spesial pada acara pernikahan anda, carilah jasa catering pernikahan yang memiliki banyak varian menu catering. Hal yang seperti ini juga sangat berguna agar tamu undangan tidak bosan dengan acara anda.