10 Jenis Tanaman Hias Bunga Rekomended Untuk Rumah

Tempat tinggal atau rumah merupakan tempat yang paling utama untuk istirahat dan bersantai setelah menjalani rutinitas sehari-hari. Sebagai tempat melepas lelah dan juga penat, tentunya kita mendambakan rumah yang nyaman dan asri. Yakni dengan cara menempatkan di area taman, baik di bagian luar maupun di bagian dalam rumah, juga lengkap dengan aneka tanaman hiasnya. 

Kehadiran berbagai macam tanaman hias ini tidak hanya memberi nuansa kesegaran saja, akan tetapi juga mempercantik bagian sudut-sudut rumah anda. Dan inilah 10 jenis tanaman hias terfavorit yang sudah kami rangkum untuk anda.

1. Anggrek

Anggrek

Bunga yang biasa dijuluki dengan “puspa pesona” ini merupakan salah satu bunga khas Nusantara. Bunga indah ini pertama kali ditemukan oleh seorang ahli botani yang berasal dari Belanda bernama Dr CL Blume. Keindahan anggrek seringkali diidentikkan sebagai simbol rasa cinta dan kasih sayang, kemewahan, serta keindahan. 

Di Indonesia, terdapat kurang lebih 5.000-6.000 jenis anggrek. Beberapa di antaranya tergolong sangat langka seperti anggrek hitam, anggrek kebutan dan juga anggrek koribas.

2. Mawar

Mawar

Bunga mawar sangat identik sebagai simbol atau lambang rasa cinta dan juga kasih sayang. Yang bikin menarik lagi, bunga ini tidak hanya memberi kesan yang indah pada area halaman rumah saja, namun juga memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh. Aroma bunga mawar juga bisa mengatasi stres dan depresi. Selain itu, kandungan zat bunga mawar juga dapat berfungsi sebagai terapi penghilang rasa sakit pada bagian kepala.

Pada bagian bunga dan juga akarnya dapat dimanfaatkan sebagai pelembab kulit dan mengatasi keputihan. 

Selama ini banyak orang yang mengetahui jenis mawar merah dan juga jenis mawar putih. Namun ternyata bunga indah yang satu ini memiliki lebih dari 100 spesies. Warnanya juga berbagai macam seperti warna pink, peach hingga warna biru.

3. Bonsai

Bonsai

Banyak orang yang menyebut bonsai ini sebagai tanaman seni. Berbudidaya tanaman bonsai juga membutuhkan teknik yang khusus misalnya dalam hal pemotongan dan pengawatan.

Hal seperti ini bertujuan agar bunga dan tangkai bonsai terlihat Lebih sempurna. Jenis tanaman bonsai juga berbagai macam, ada yang dikenal dengan nama asam jawa, beringin, dan juga azalea.

Tanaman bonsai biasanya juga menjadi salah satu jenis tanaman untuk taman minimalis pada teras depan rumah.

4. Kaktus

Kaktus

Tanaman ini tidak seperti tanaman hias yang lain, tanaman yang hidup di daerah beriklim tropis dan subtropis ini tidak memerlukan perawatan yang sulit. Yang perlu anda perhatikan hanyalah pemberian pupuk yang sangat rutin. Tanaman yang dapat tumbuh lama tanpa air ini tidak terlalu cocok dengan semua jenis pupuk.

Pupuk yang sesuai dengan tanaman kaktus adalah pupuk organik. Tanaman kaktus juga harus dihindari dari kondisi lembab. Karena itu jika anda letakan di area terbuka yang terpapar cukup di bawah sinar matahari adalah langkah terbaik.

5. Kamboja

Kamboja
Postur kamboja atau adenium yang sangat unik membuatnya sering dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Jenisnya juga cukup banyak, antara lain adenium windmill dan adenium waterfall. Tidak hanya sedap untuk dipandang saja, ternyata kamboja memiliki manfaat bagi kesehatan manusia.

Bunga dan juga getah kamboja ini mengandung senyawa yang bermanfaat untuk menghambat disentri, radang saluran pernapasan, TBC, maupun hepatitis.

Di Bali selain sebagai tanaman hias, kamboja juga digunakan untuk melengkapi berbagai keagamaan, penenang jiwa, dan masih banyak lagi.

6. Suplir

Suplir

Merupakan jenis tanaman paku pakuan yang memiliki nilai artistik yang sangat tinggi. Tanaman berwarna hijau ini sangat mudah untuk kita jumpai disekitar lingkungan rumah. Biasanya tanamn ini ditempatkan sebagai penghias teras rumah, ruang tamu, dan juga ruang keluarga.

Perawatan suplir juga tergolong sangat mudah. Yang perlu anda perhatikan adalah jangan sampai terkena sinar matahari secara langsung dan menjaga kelembapan lingkungannya.

7. Anthurium

Anthurium

Nama tanaman ini berasal dari bahasa Yunani. DI Indonesia, anthurium dikenal dengan nama gelombang cinta.

Tanaman ini memang dikenal dengan keindahan pada bagian daunnya yang memiliki bentuk menarik dan juga elegan. Anthurium juga memiliki filosofi sebagai tanaman hias yang menunjukkan keindahan, keberuntungan, dan juga menangkal kejahatan.

8. Bougenville

Bougenville

Bougenville juga memiliki banyak manfaat, untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti disentri, melancarkan peredaran darah dan juga melancarkan datang bulan bagi kaum hawa.

Bougenville merupakan tanaman yang berkarakter tropis, sehingga tidak sulit untuk memelihara tanaman hias ini di rumah.

9. Melati

Melati
Melati

Melati kerap digunakan dalam sebuah upacara tradisional. Juga kerap digunakan sebagai penghias rambut pengantin Jawa dan juga Sunda. Keindahan bunga melati diartikan sebagai simbol kesucian dan juga ketulusan dalam hati. Yang sangat menarik lagi, bunga melati juga bisa berguna sebagai kesehatan, di antaranya adalah penghilang stres.

10. Bunga matahari

Bunga matahari

Berwarna kuning dan juga bentuknya bulat memang sangat mirip dengan matahari. Bunga ini memiliki karakter yang sangat unik. Pada malam hari bunga matahari ini akan tertunduk ke bawah. Dia akan tegak kembali pada saat matahari bersinar. 

Lebih dari itu, bunga matahari juga dapat dimanfaatkan untuk pengobatan seperti mengendalikan tekanan darah tinggi dan juga darah rendah, mengurangi nyeri kepala, sakit gigi dan juga nyeri akibat menstruasi. Perawatannya juga sangat mudah, yang terpenting bunga ini harus mendapat sinar matahari yang cukup.