8 Tips Fitting Baju Pengantin Yang Harus Kamu Lakukan

Baju pengantin adalah salah satu item yang terpenting ketika melangsungkan pernikahan.

Bagaimana tidak, penampilan dari pengantin di hari H adalah suatu hal yang di tunggu-tunggu oleh sang pengantin maupun para tamu undangannya.

Model baju pengantin saat ini kian berbagai macam jenisnya. Ada yang menyukai konsep baju pengantin tradisional klasik, kebaya, maupun gaun yang modern.

Jika anda mempunyai budget yang lebih, anda juga bisa membeli ataupun menjahitkan ke desainer yang lebih bagus kualitasnya.

Namun jika budget anda terbatas, anda menyewa pun tidak jadi masalah.

Untuk bisa tampil lebih sempurna di acara pernikahan, ada beberapa tips memilih baju pengantin ataupun gaun yang harus diperhatikan oleh setiap calon pengantin wanita.

Selain harus menyesuaikan desain gaun pengantin dengan tema dekorasi pernikahan, faktor pengaturan waktu dan juga biaya tidak boleh terlewatkan. Supaya tidak merasa bingung, anda juga bisa memperhatikan beberapa tips memilih baju pengantin :

1. Ketahui dahulu Tema Pernikahan Secara Keseluruhan

Hal yang paling utama anda pertimbangkan adalah menyesuaikan desain dan juga warna baju pengantin dengan tema pernikahan secara keseluruhan. Perhatikan beberapa hal yang satu ini:

* Lokasi – Apa pesta pernikahan yang akan diselenggarakan indoor atau outdoor?

* Lingkungan lokasi – Apakah pesta pernikahan yang akan dilakukan didalam gedung berukuran besar atau dirumah pribadi? Garden wedding atau beach wedding?

* Waktu – Desain baju pengantin untuk resepsi pagi, siang, dan juga malam hari tentunya akan berbeda?

* Suasana – Formal dan berdiri di atas pelaminan atau santai dan juga berbaur dengan para tamu undangan?

* Tema Pernikahan – Adat daerah atau adat modern?

* Tema dekorasi – Adat daerah indonesia, vintage rustic, bohemian, atau juga bisa yang lainnya

* Kombinasi warna dekorasi – Hijau dan juga emas? Dusty gray dan juga pink?

2. Pilih Siluet yang Sesuai Dengan Bentuk Tubuh

Tidak harus mempunyai tubuh yang ideal seperti model untuk bisa tampil sempurna di hari pernikahan yang akan datang. Pilihlah siluet gaun pengantin yang sesuai dengan bentuk tubuh anda, seperti contoh berikut:

Tubuh dengan bentuk pir atau apel. Untuk anda yang memiliki bagian atas tubuh kecil dan juga pinggul serta paha yang besar, pilihlah baju pengantin dengan siluet A-line yang cocok dan juga pas di bagian atas tapi lebar dari pinggul ke bawah.

Tubuh segitiga terbalik. Calon pengantin baru wanita yang memiliki payudara besar dan bagian bawah tubuh yang lebih kecil ada baiknya menghindari gaun atau baju strapless. Pilihlah baju pengantin dengan potongan leher dengan bentuk kotak.

Tubuh gemuk. jangan berkecil hati jika tubuh anda berukuran besar, baju pengantin bersiluet empire yang panjangnya menutupi bagian telapak kaki akan membuat tubuh anda yang akan terlihat lebih menarik.

Tubuh Mungil. Pilih baju pengantin dengan elemen vertikal seperti siluet sheath atau bentuk leher V yang dalam, dan juga hindari siluet ball gown yang akan membuat anda terlihat ”tenggelam.”

Tubuh Semampai. Untuk anda yang memiliki tubuh tinggi dan juga langsing pada dasarnya cocok memakai siluet apapun, tapi siluet mermaid serta fit dan flare bisa lebih menonjolkan lekuk tubuh anda.

3. Sesuaikan dengan Warna Kulit anda

Apakah anda tahu, warna baju pengantin yang sesuai dengan warna kulit itu sama pentingnya dengan memilih siluet berdasarkan bentuk tubuh anda ?

Coba perhatikan panduan berikut :

  • Kulit Putih

Supaya kulit anda tidak terlihat terlalu pucat atau kusam, hindari baju pengantin dengan warna terang dan berani.

Pilihlah warna yang akan membuat kulit anda akan lebih bersinar seperti biru langit, lime, dan koral; atau warna yang akan membuat anda terlihat lebih muda seperti warna midnight blue, hijau, dan juga warna merah tua.

  • Kulit Netral

Selain baju pengantin dengan warna hangat seperti warna orange, kuning, peach, atau coral, warna terang seperti warna royal blue dan dusty pink akan membuat wajah anda akan terlihat bersinar.

Dan juga hindari warna beige, abu-abu, ungu, hijau gelap, atau emas yang akan membuat kulit anda terlihat kusam.

  • Kulit Sawo Matang

Berbeda dengan anggapan kebanyakan dari orang, anda yang memiliki warna kulit sawo matang ini justru sangat cocok mengenakan baju pengantin dalam nuansa warna pastel, terutama warna hijau mint dan dusty.

4. Cari Banyak Referensi Saat Memilih Baju Pengantin

Setelah kriteria untuk gaun pengantin dipersempit dengan memperhatikan dua poin di atas, sekarang saatnya mencari referensi.

Anda mungkin akan tergoda untuk memilih gaun pengantin yang sedang trend saat ini, tapi sebaiknya utamakan desain yang paling akurat mencerminkan kepribadian dan gaya Anda.

Selain mencari referensi desain dan juga warna baju pengantin, anda juga perlu mencari referensi perancang atau toko pengantin yang koleksinya pas dan juga cocok dengan kriteria baju pengantin yang anda miliki.

Dan jangan lupa, perhatikan juga testimonial atas pelayanan yang mereka berikan.

5. Tetapkan Anggaran Saat Memilih Baju Pengantin

tips memilih baju pengantin yang satu ini tidak boleh dilewatkan. Biasanya anggaran pada baju pengantin adalah 8% hingga sampai 10% dari total biaya acara pernikahan, tapi anda juga harus memasukkan beberapa hal berikut:

Aksesoris seperti veil, hijab, tiara, sepatu pengantin, perhiasan, dan juga perlengkapan lainnya

Biaya penambahan hiasan atau perubahan desain.

Pakaian dalam pelengkap, seperti bra, korset, stocking, dan juga rok dalam.

6. Mulai Secepat Mungkin

Baik memilih untuk membeli atau menjahit baju pengantin, sebaiknya anda mulai setidaknya sekitar 6 hingga sampai 9 bulan sebelum tanggal yang sudah ditentukan.

Jika anda memilih untuk membeli baju pengantin yang sudah jadi, anda jadi lebih leluasa untuk membandingkan koleksi baju pengantin dari berbagai butik atau perancang serta melakukan perubahan yang akan diperlukan.

Sedangkan untuk anda yang memilih menjahit baju pengantin, rentang waktu ini sudah mencakup waktu jahit, beberapa kali fitting, serta finishing, tanpa harus terburu-buru.

7. Perhatikan Bagian Atas Baju

Train panjang yang menyapu lantai atau rok bertabur payet mewah memang bisa membuat penampilan anda yang akan terlihat lebih dramatis, tapi jangan sampai bagian atas dari baju jadi terabaikan. Sebagian besar foto yang diambil dalam acara pernikahan biasanya akan lebih fokus pada bagian atas tubuh, jadi jangan lupa juga perhatikan beberapa hal ini :

  • Garis Leher

Selain menyesuaikan dengan desain pada baju pengantin keseluruhan, neckline alias garis leher juga bisa membuat leher anda yang akan terkesan lebih jenjang.

Pada umumnya, garis sweetheart atau V-neck paling cocok untuk semua bentuk tubuh, sedangkan turtle neck atau halter juga sangat cocok untuk anda yang berleher jenjang dan ingin tampil lebih anggun.

  • Desain pada Lengan

Tinggal pilih saja, mau lengan off-the-shoulder yang elegan, flutter sleeve yang terlihat manis dan romantis, cap sleeve yang feminin dan juga pas untuk anda yang berlengan ramping, atau lengan terompet untuk menutupi lengan atas yang besar ?

Hiasan di garis leher dan juga di garis dada. Pertimbangkan untuk menggunakan payet, mutiara, bordir, ikat pinggang, atau aplikasi lain yang akan membuat tampilan baju pengantin anda yang semakin sempurna.

8. Gunakan Pakaian Dalam yang Tepat

Jangan sampai anda mengabaikan tips memilih baju pengantin ini hanya demi tampil sempurna seketika di hari pernikahan, karena rangkaian acara pernikahan juga akan memakan waktu cukup panjang, bahkan nyaris seharian. hal yang seperti inilah yang harus anda perhatikan :

  • Pastikan ukuran baju pengantin anda pas di badan, tidak terlalu sempit juga tidak terlalu longgar.
  • Gunakan bahan yang sesuai dengan lokasi pernikahan anda serta kondisi cuaca.
  • Pastikan anda bisa bergerak dan berjalan dengan bebas dan nyaman tanpa kesulitan ataupun merasakan sempit.