Mau Tidur Lebih Nyenyak ? Simak Tips Menata Kamar Kecil Ini

Tips Menata Kamar Tidur Kecil

Siapa yang tidak ingin melihat kamar tidurnya terlihat yang selalu rapi ? Pasti semua orang menginginkannya. Terbayang bagaimana nyamannya pada saat sedang istirahat di kamar tidur yang bersih dan terbebas dari barang-barang berserakan.

Namun, jangan lantas anda berfikir ini hanya angan-angan yang tidak mungkin terwujud. Kesan yang rapi dan juga yang sempurna dapat diperoleh dengan melakukan siasat kreatif saat menata ruang kamar tidur.

Buat anda yang memiliki ruang kamar tidur dengan luas yang terbatas, tidak usah berkecil hati. Luas yang kecil justru yang akan membuat proses menata kamar tidur yang akan menjadi lebih mudah. Hanya saja dibutuhkan beberapa trik khusus dalam penataannya.

Apa saja trik dalam menata kamar tidur yang mungkin bisa anda terapkan agar ruang kamar anda akan selalu tampil rapi dan sempurna ?

Berikut ini adalah cara menata tips kamar tidur yang kecil dan sempit yang kami lansir dari situs ruangarsitek.id yang bisa Anda praktekkan di rumah :

1. Terapkan konsep minimalis

Menerapkan konsep yang minimalis bukan berarti menata ruang kamar tidur dengan gaya desain yang minimalis, melainkan hanya menempatkan berbagai macam furnitur-furnitur esensial untuk kamar tidur saja.

Coba pilih mebel apa saja yang benar-benar kamu butuhkan saat menata kamar tidur.

Jika ada mebel yang tidak terlalu dibutuhkan atau tidak penting, jangan ragu untuk memindahkannya ke ruangan yang lain. Dengan begitu juga akan tersisa ruang lebih di kamar tidur anda dan membuatnya terlihat akan lebih rapi.

2. Sesuaikan dengan kebutuhan personal

Konsep minimalis juga bisa berbeda-beda untuk setiap masing-masing orang.

Selain tempat tidur dan juga lemari pakaian, sebagian diantaranya mungkin merasa kamar tidur tidak berfungsi maksimal kalau tidak ada meja belajar atau penyimpanan rak praktis, mungkin sebagian lain dari anda merasa kedua mebel tersebut sangat kurang esensial.

Yang paling penting adalah sesuaikan pilihan mebel dengan dengan kebutuhan anda sebagai pemilik kamar.

Jika anda ingin menempatkan mebel tambahan saat menata kamar tidur, gunakanlah mebel yang memiliki fungsi storage sehingga juga bisa menambah ruangan penyimpanan di kamar tidur anda.

3. Gunakan drawer sebagai meja samping

Meja samping memang bukan mebel yang esensial lagi untuk kamar tidur, namun terkadang fungsi meja samping akan terasa sangat berguna untuk meletakkan barang-barang kecil yang mungkin sering anda gunakan.

Yang fungsinya sebagai storage mungkin tidak begitu terlalu maksimal karena ukurannya yang relatif kecil.

Namun, ada satu siasat yang sederhana juga bisa diterapkan saat menata ruang kamar tidur.

Dengan menempatkan drawer atau kabinet berlaci bersebelahan langsung dengan tempat tidur, yang berlaci juga dapat mengakomodasi peran meja samping sekaligus juga dapat berfungsi sebagai storage tambahan yang maksimal.

4. Pasang gantungan pakaian di bawah ambalan

Dalam menata sebuah ruang kamar tidur agar terlihat akan selalu rapi dan indah, ada satu kebutuhan yang sangat sulit untuk dihindari, yaitu kebutuhan akan ruang penyimpanan tambahan.

Ambalan menjadi salah satu item yang tepat untuk memanfaatkan fungsi dinding sebagai ruang penyimpanan.

Untuk lebih memaksimalkan dalam fungsinya, pasanglah gantungan pakaian di bawah ambalan yang terpasang di dinding.

5. Pegboard untuk variasi solusi penyimpanan

Selain dengan memasang gantungan, memaksimalkan bagian dinding juga bisa anda lakukan dengan instalasi pegboard.

Papan kayu yang multifungsi ini juga dapat dimanfaatkan sebagai rak buku, gantungan baju, dan juga mood board.

Pegboard biasanya dibuat dari multipleks, sehingga memiliki ketahanan yang sangat tinggi. Karena fungsi penyimpanannya yang begitu sangat efisien, menata ruang kamar tidur pun jadi lebih efektif dengan papan kayu atraktif ini.

6. Memaksimalkan fungsi bagian bawah tempat tidur

Tidak hanya di area bagian dinding saja, bagian lantai juga bisa menjadi ruang yang dimanfaatkan sebagai penyimpanan tambahan dalam menata ruang kamar tidur.

Mencoba trik menata kamar tidur yang satu ini juga bukan berarti anda harus membeli kasur yang memiliki tempat penyimpanan di bagian bawahnya.

Tempat tidur yang juga berfungsi sebagai storage juga bisa didapatkan dengan menempatkan rak terbuka di bagian bawah tempat tidur.

7. Rajin-rajin membersihkan kamar

Apakah anda sudah melakukan trik-trik menata kamar tidur di atas dengan baik, furnitur pun sudah tertata dengan cantik, dan juga barang-barang telah tersimpan rapi pada tempatnya masing-masing.

Seberapa pun cermat dan apik cara anda dalam trik menata kamar tidur, kamar akan segera kembali berantakan apabila anda tidak rajin membersihkannya kembali.

Cukup sediakan waktu kurang lebih lima belas menit untuk bersih-bersih setiap harinya, kamar anda pun akan selalu tampil rapi dan juga bersih.

8. Pilih furnitur yang hemat tempat

Pastikan furnitur yang anda pilih untuk kamar tidur anda yang mungil ataupun yang minimalis tidak banyak memakan banyak tempat.

Dengan furnitur yang tidak terlalu besar, ini membuat cara menata kamar tidur yang akan menjadi lebih mudah. Selain ruang gerakmu menjadi lebih banyak dan juga luas, anda juga bisa berkreasi dengan layout kamar tidur untuk menjadikannya yang akan lebih menarik.

Menjaga keseimbangan proporsi mebel adalah trik cara menata kamar tidur yang tidak bisa diabaikan.

Tahukah anda bahwa mebel yang tepat juga bisa disiasati untuk menampung semua barang-barang anda yang berada di kamar ?

Ya, cara menata kamar tidur yang tepat bisa membuat semua barang anda yang akan tersimpan aman dan rapi.

Salah satunya yakni dengan memanfaatkan bagian bawah furnitur dan menggunakan rak dinding. Jadi, tidak perlu anda merasa bingung dengan cara menata kamar tidur dengan furnitur kecil.

9. Batasi palet warna

Cara menata kamar tidur juga bisa dimulai dari pemilihan cat untuk ruang kamar. Warna-warna terang juga diketahui dapat membuat sebuah ruangan tampak akan lebih luas, apalagi jika ada cahaya matahari yang masuk.

Karena itulah, memilih warna-warna yang netral atau warna pastel juga merupakan salah satu cara menata kamar tidur yang ideal.

Bukan hanya memilih warna-warna yang terang saja, anda juga perlu membatasi jumlah palet pada warna. Gunakan corak yang serupa untuk bagian dinding, furnitur dan tempat kamar tidur.

Cara menata kamar tidur seperti ini juga ditujukan untuk menciptakan kesan lapang karena mata anda tidak akan terpaku pada sudut-sudut ruangan yang sempit.

Agar kamar tidur tidak membosankan, anda juga bisa menambahkan beberapa dekor dalam ruangan dengan warna yang kontras.

10. Buat kesan kamar yang lebih luas dengan cermin

Menggunakan sebuah cermin untuk membuat ruangan agar tampak dua kali lebih besar adalah trik yang sudah digunakan selama berabad abad.

Pada dasarnya, cermin memantulkan cahaya dan juga menciptakan ilusi yang optical pada ruangan.

Ada beberapa cara menata ruang kamar tidur kreatif dengan cermin.

Misalnya seperti menggantung satu atau beberapa cermin pada dinding yang polos, memilih lemari yang sudah memiliki cermin, atau menggunakan cermin full-body. Untuk menambah estetika pada ruangan, sesuaikan cermin dengan desain keseluruhan kamar tidur anda.